Tujuan Dan Manfaat Dalam Ber qur'ban Menurut Al - Qur'an dan Hadits

Assalamu alaikum sahabat islaMulia



Pengertian Qur'ban

 Qur'ban berasal dari bahasa Arab. " Qurban" yang berarti dekat. Qur'ban dalam islam juga disebut dengan al - udhiyyah dan adh-dhahiyyah yang berarti binatang sembelihan seperti unta , sapi kambing yang disembelih pada hari raya Idul Adha.

Setiap tanggal 10 Dzul Hijjah, semua umat islam yang tidak melaksanakan ibadah haji merayakan hari raya idul adha. Dan stelah hewan qur'ban disembelih kemudian dibagi - bagikan kepada umat islam di suatu daerah.







Tujuan Ber qur'ban

Tujuan Qur'ban bagi syariat islam adalah untuk mendekatkan diri kepada Allah subhanahu wa ta'ala.  

1. Bukti syukur atas nikmat yang telah diberi


Salah satu tujuan yang terpenting dalam ber qur'ban ialah bukti rasa syukur kepada Allah subhanahu wa ta'ala atas semua nikmat yang telah diberi baik itu dalam bentuk rizki maupun kesehatan. Dengan membagikan daging qur'ban kepada sesama, maka kita telah menunjukkan rasa syukur atas diberi kelebihan harta.

Allah Ta'ala berfirman :


إِنَّا أَعْطَيْنَاكَ الْكَوْثَرَ (1) فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ (2)

 Artinya :
"Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat nikmat yang banyak ( 1 ) Maka dirikanlah shalat karena Rabbmu dan ber qur'banlah ( 2 ) (  QS. Al Kautsar Ayat 1 - 2 )

 2. Membantu yang tidak mampu

 Pada saat kita membagikan daging qur'ban kepada orang lain atau kepada orang yang tidak mampu tentu kita telah membantu sesama. Mereka belum tentu setiap harinya makan enak akhirnya bisa makan yang enak itu karena qur'ban yang telah kita lakukan, meskipun hanya sedikit namun yang menerima akan merasa senang dan terbantu.

Allah Ta'ala berfirman :


وَٱلْبُدْنَ جَعَلْنَٰهَا لَكُم مِّن شَعَٰٓئِرِ ٱللَّهِ لَكُمْ فِيهَا خَيْرٌ ۖ فَٱذْكُرُوا۟ ٱسْمَ ٱللَّهِ عَلَيْهَا صَوَآفَّ ۖ فَإِذَا وَجَبَتْ جُنُوبُهَا فَكُلُوا۟ مِنْهَا وَأَطْعِمُوا۟ ٱلْقَانِعَ وَٱلْمُعْتَرَّ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرْنَٰهَا لَكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya :
" Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta - unta itu sebagian dari syi'ar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri ( telah terikat ). Kemudian apabila telah roboh ( mati ), maka makanlah sebahagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya ( yang tidak meminta - minta ) dan orang yang meminta. Demikianlah kami telah menundukkan unta - unta itu kepada kamu, mudah - mudahan kamu bersyukur. " ( QS. Al Hajj Ayat 36 )



Keutamaan Atau Manfaat Berqur'ban


Ber  Qur'ban merupakan bentuk ibadah yang utama dalam ajaran islam. Dan ibadah inipun terdapat banyak sekali manfaatnya di dunia maupun di akhirat. 

1. Mendapat Ridho Allah Subhaanahu Wa Ta'ala

Setiap dari tetesan darah dari hewan yang kita Qur'ban kan Insya Allah akan mendapat ridho Allah Ta'ala jika kita iklas lillahi ta'ala, Maka dari itu bersemangatlah dalam berqur'ban apalagi jika kita diberikan harta yang lebih, mudah - mudahan dapat keberkahan.

Allah Ta'ala berfirman :

 لَن يَنَالَ ٱللَّهَ لُحُومُهَا وَلَا دِمَآؤُهَا وَلَٰكِن يَنَالُهُ ٱلتَّقْوَىٰ مِنكُمْ ۚ كَذَٰلِكَ سَخَّرَهَا لَكُمْ لِتُكَبِّرُوا۟ ٱللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَىٰكُمْ ۗ وَبَشِّرِ ٱلْمُحْسِنِينَ

Artinya :
" Daging - daging unta dan darahnya itu sekali - kali tidak dapat mencapai ( keridhoan ) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya . Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayahnya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang - orang yang berbuat baik." ( QS. Al Hajj Ayat 37 )

2. Mempererat Tali Silaturahmi

Ber qur'ban pula dapat mempererat tali silaturahmi antar sudara, kerabat , tetangga dan orang lain, karena yang ber qur'ban dan yang menerima qur'ban hubungannya akan semakin baik dan erat.

3. Mendapatkan Keberkahan Rizki Dan Semakain Bertambah

Insya allah jika kita berqur'ban dengan ikhlas karena Allah Ta'ala maka kita akan diberikan keberkahan dalam rizkinya serta terus bertambah, karena kita telah membantu sesama manusia dan menyenangkan hati mereka.





Sumber :

https://dalamislam.com
https://gomuslim.co.id

Penulis : Idham Mukholid



No comments:

Post a comment