Pahala Dan Keuntungan Dari Sifat Sabar

Assalamu alaikum, Sahabat islamulia





Yang namanya dunia itu tempatnya cobaan dan rintangan jadi setiap manusia pasti akan dihadapi dengan berbagai masalah tergantung dari manusia itu sendiri bagaimana menyikapinya apakah disikapi dengan  bersabar atau dengan mengeluh. Inilah tujuan admin memposting akan ada pahala yang besar bagi orang yang bersabar ketika menghadapi ujian.




Pengertian Sabar

Sabar secara bahasa adalah Menahan. Adapun secara syar'i sabar bermakna menahan diri dalam tiga perkara :

1. Sabar ketika menjalankan ketaatan kepada Allah

Seorang hamba hendaknya bersabar, sampai dia menunaikan apa yang Allah ta'ala perintahkan

2. Sabar dari bermaksiat kepada Allah

Apabila seorang hamba tidak mengerjakan sesuatu atau menjauhi segala sesuatu yang Allah ta'ala larang

3. Sabar ketika menghadapi musibah yang Allah takdirkan

Dengan menahan diri untuk tidak murka atau menggerutu terhadap musibah yang menimpa.

Allah subhaanahu wata'la berfirman dalam Al - Qur'an :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اصْبِرُوا وَصَابِرُوا وَرَابِطُوا وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ


Artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah supaya kamu beruntung.”( Qs Ali Imran Ayat 200)

Keutamaan Dari Sifat Sabar

Sabar memiliki banyak sekali keutamaan yang telah Allah ta'ala kabarkan di dalam Al - Qur'an dan demikian pula dalan hadits nabi shallallahu 'alaihi wasallam. Dan diantara keutamaan sabar sebagai berikut :






1. Surga bagi orang yang sabar

Jaminan syurga bagi hamba yang lulus dari ujian sabarnya sebagaimana yang telah di firman kan Allah ta'ala dalam Al - Qur'an :

إِنِّي جَزَيْتُهُمُ الْيَوْمَ بِمَا صَبَرُوا أَنَّهُمْ هُمُ الْفَائِزُونَ

Artinya :

"Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka hari ini, karena kesabaran mereka, Sesungguhnya mereka itulah orang - orang yang memperoleh  kemenangan". ( Qs Al Mu'minun Ayat 111 )

Rasulullah shallallaahu 'alaihi wasallam bersabda :


إنَّ الله – عز وجل – ، قَالَ : إِذَا ابْتَلَيْتُ عبدي بحَبيبتَيه فَصَبرَ عَوَّضتُهُ مِنْهُمَا الجَنَّةَ


Artinya : 

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wajalla berfirman: “Apabila Aku memberi cobaan kepada hambaKu dengan melenyapkan kedua perkara yang dia cintai (yakni kedua matanya), kemudian ia bersabar, maka untuknya akan Kuberi ganti surga karena kehilangan keduanya.” (HR. Al Bukhari)

2. Pahala tak terbatas bagi orang yang sabar

Allah ta'ala berfirman dalam Al - Qur'an


إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

Artinya : 


"Sesungguhnya orang - orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya." ( Qs Az Zumar ayat 10 )



وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِنَ الأمْوَالِ وَالأنْفُسِ وَالثَّمَرَاتِ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ


Artinya :


“Sesungguhnya Kami akan memberikan cobaan sedikit kepadamu semua seperti ketakutan, ketaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan, kemudian sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.” (Qs Al Baqarah Ayat 155)

3. Sabar merupakan sebab pertolongan

Kesabaran merupakan pertolongan terbesar dalam setiap perkara. Seseorang akan dapat meraih segala sesuatu asal dia bersabar. Dia dapat menjalankan ketaatan yang Allah perintahkan dengan tanpa beban, dan demikian pula dia bisa meninggalkan segala sesuatu yang Allah larang walaupun hal tersebut sangat menggoda hawa nafsunya. Dia tidak akan dapat melakukan ini semua tanpa kesabaran.

Allah ta'ala berfirman dalam Al - Qur'an :


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ


Artinya :

" Mintalah pertolongan dengan sabar dan mengerjakan shalat sesungguhnya Allah bersama orang - orang yang sabar." ( Qs Al Baqarah Ayat 153 )



Demikian artikel yang sahabat islamulia sampaikan kurang dan lebihnya mohon maaf ya... Dan semoga dengan membaca artikel ini kita jadi lebih semangat ketika mendapat cobaaan dengan bersabar karena sabar itu diberi pahala oleh Allah ta'ala.



Sumber :

https://salafy.or.id/

Penulis : Idham Mukholid



No comments:

Post a Comment