Hewan - Hewan Yang Haram Di Bunuh Dalam Islam Sesuai Hadit Nabi

Assalamu alaikum. Sahabat islaMulia



Dalam islam ada beberapa binatang yang di haramkan apabila kita membunuhnya berdasarkan hadits Rosulullah shallallaahu alaihi wasallam.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ ، قَالَ : نَهَىرَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ أَرْبَعٍ مِنَالدَّوَابِّ : النَّمْلَةِ ، وَالنَّحْلَةِ ، وَالْهُدْهُدِ ، وَالصُّرَدِ

Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhuma berkata :“Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam melarang membunuh empat hewan, yaitu; semut, lebah, burung hud-hud, burung shurad” (HR.Bukhori)





Berikut ini adalah hewan - hewan yang haram apabila kita membunuhnya :

1. Semut

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Janganlah kalian membunuh semut, karena semut itu salah satu bala tentara Allah Subhanahu wa Ta’ala yang terbesar” (as shahihah, hadits hasan).



2. Lebah

Sebagian ulama mengatakan hukum lebah sama dengan hukum semut. Yaitu larangan membunuhnya dan larangan memakannya, kecuali jika membahayakan boleh dibunuh.

Adapun larangan membunuh lebah, warid termaktub dalam hadist Ibnu Abbas yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Dawud. Semua hewan yang haram dibunuh, maka memakannya pun haram. Karena tidak mungkin seekor binatang bisa dimakan, kecuali setelah membunuhnya.




3. Burung Hud - Hud

Burung Hud - Hud adalah burung yang pernah berdialog dengan nabi Sulaiman . Dan pernah di utus Nabu sulaiman As dalam menyampaikan surat kepada Ratu Bilqis.




4. Burung Shurad

Burung Shurad merupakan burung berkepala besar dab berparuh besar warba perutnya putih dan memangsa serangga dan burung kecil.



5. Katak

عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عُثْمَانَ قَالَ : ذَكَرَطَبِيبٌ عِنْدَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَوَاءً ،وَذَكَرَ الضُّفْدَعَ يُجْعَلُ فِيهِ ، فَنَهَى رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ قَتْلِ الضُّفْدَعِ (أخرجه أحمد و ابن ماجه و الدارمي

Abu Abdirrahman Bin Utsman Radhiyallahu ‘anhu berkata :  “seorang dokter bercerita tentang obat dihadapan Rasulullah, dia menyebutkan bahwa bahan obat itu adalah katak, lalu Rasulullah pun melarang membunuh katak”(HR.Ahmad, Ibnu Majah, Ad-Darimi).






Demikianlah Hewan - Hewan yang haram apabila kita membunuhnya. Terima kasih telah menyimak artikel ini.




Sumber :

https://muslim.or.id/

https://halalcorner.id/


Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment