Pengertian Dan Manfaat Siwak Bagi Tubuh

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia




Pengertian Siwak

Siwak merupakan ranting atau akar dengan serat yang lembut dari kayu arok dengan nama latin Salvador Percisa ini banyak dijumpai di daerah timur tengah, Asia Dan Afrika.



Dari Aisyah Radhiyallahu 'anha, Bahwa Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam bersabda :

السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ

Artinya : " Bersiwak itu membersihkan mulut dan merupakan sesuatu yang mendatangkan Ridho Rabb" ( HR. Bukhari dan An Nasa'i )


Imam An Nawawi mengatakan, bahwa bersiwak dari segi perbuatan dapat diartikan apa saja yang bisa menghilangkan kotoran dari gigi dan mulut.

Juga Disarankan untuk menggunakan siwak untuk wudhu, shalat, tawaf, membaca Al-Qur'an, membaca hadits dan untuk mengingat Allah. Nabi ﷺ berkata: "Bersihkanlah jalur zikir Allah dengan siwak tersebut," yang berarti mulut dan lidah (beliau mengatakan bahwa mulut dari orang yang suka berdzikir adalah taman tempat duduk para malaikat).



Hal ini juga dianjurkan untuk menggunakannya untuk menyegarkan napas Anda, terutama setelah bangun tidur dipagi hari. Nabi ﷺ akan melakukan ini hanya untuk mengajarkan umatnya, karena napasnya harum sedap ketika ia sedang tidur dan terjaga. Ketika ia berbicara seolah-olah ada aroma gaharu yang berasal dari mulut yang diberkati itu.
Sebuah sunnah yang banyak diabaikan adalah menggunakan siwak ketika memasuki rumah Anda dan kemudian memberikan salam, salam kepada para malaikat dan hamba saleh yang hadir di dalam rumah.
Manfaat Menggunakan Siwak
1.  Membersihkan Gigi
Setelah selesai makan biasanya sisa-sisa makanan tersebut akan menempel di gigi. Selain merusak penampilan, jika sisa makanan ini dibiarkan begitu saja akan menjadi pemicu munculnya gigi berlubang. Untuk itu, gigi perlu dibersihkan secara teratur yang mana salah satu caranya anda dapat memanfaatkan sikat gigi dari siwak.
2.  Membersihkan Lidah
Sisa-sisa makanan ternyata tidak hanya menempel di gigi tetapi juga di lidah yang mana sisa-sisa ini menjadi pemicu munculnya berbagai permasalahan pada mulut salah satunya menyebabkan sariawan. Untuk mencegahnya maka lidah juga perlu dibersihkan secara teratur. Salah satu benda yang dapat digunakan untuk membersihkan lidah adalah siwak.
3.  Mengharumkan Mulut
Nafas yang segar merupakan impian semua orang, karena nafas bau akan membuat terkucilkan dan merasa tidak percaya diri. Ternyata, siwak mengandung minyak aroma alami yang dapat menghilangkan bau tidak sedap pada mulut. Dengan kata lain siwak membantu untuk mengharumkan mulut khususnya nafas anda.
4.  Membersihkan Gusi
Tidak hanya membersihkan mulut saja, siwak juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gusi anda dari kotoran. Anda tinggal menggosokkannya pada gigi anda seperti halnya sikat gigi.
5.  Membunuh Bakteri
Antibacterial acids memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri. Bakteri mulut dapat menempel di mana saja seperti pada gigi, gusi, maupun lidah. Oleh karena itu, siwak sebagai sumber antibacterial acid ini sangat cocok untuk digunakan oleh semua orang terlebih jika mulutnya banyak mengandung bakteri.
6.  Mencegah Infeksi
Apabila mulut terluka dan tidak kunjung diobati maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Untuk mengatasi atau mencegah infeksi ini kita dapat menggosok gigi, gusi, dan lidah kita menggunakan siwak karena di dalamnya mengandung zat anti bakteri penyebab infeksi. Tekstur siwak ini sangat lembuh sehingga anda tidak perlu takut ia akan melukai mulut anda.
7.  Mencegah Gigi Berlubang
Apabila anda tidak menjaga kebersihan gigi anda maka gigi anda akan cenderung berlubang. Mengapa hal ini dapat terjadi? Sisa makanan yang terdapat di mulut akan diubah oleh bakteri mulut menjadi zat asam yang mana zat asam ini bersifat korosif. Sifat korosif inilah yang dapat membuat lubang pada gigi.


Demikianlah artkel yang bisa disampaikan, Mohon maaf apabila masih ada kekurangan ilmu. Dan Mudah - mudahan artikelnya bermanfaat. Dan ayo sahabat mari kita amalkan sunnah nabi ini.

Sumber :
https://manfaat.co.id/manfaat-siwak
https://www.dream.co.id/fresh/14-khasiat-siwak
https://muslimah.or.id/

Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment