Manfaat Daun Bidara Dalam Kehidupan Sehari - Hari Dan Pengertiannya

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia



Pengertian Daun Bidara


Daun Bidara (Ziziphus mauritiana), atau Bahasa Arabnya “sidr” adalah sejenis pohon buah yang dibicarakan dalam al-Qur’an dan hadits. Dalam tradisi pengobatan Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wassalam (Tibbun Nabawi), ia salah satu yang biasa digunakan. Tanaman bidara diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengah. Tumbuhan ini tumbuh secara alami maupun dengan campur tangan manusia hingga kemudian bisa ditemukan di berbagai penjuru dunia, termasuk Malaysia, Indonesia, bahkan Australia. 




Sejumlah negara tercatat sebagai pembudidaya pohon ini dalam skala besar. Di antaranya adalah India dan China. Di Indonesia pun kini sudah ada yang membudidayakannya, namun masih sangat sedikit. Menurut praktisi, pembenihan bidara tidaklah mudah.

Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, bahwa Asma’ radhiyallahu ‘anha bertanya kepada Rasulullah shalallahu alaihi wassalam tentang cara mandi usai haid. Beliau menjelaskan, “Salah seorang di antara kalian (wanita) mengambil air dan sidrah (daun bidara), kemudian bersuci dan membaguskan bersucinya, kemudian menuangkan air ke kepalanya lalu menggosok-gosoknya dengan kuat sehingga air sampai pada kulit kepalanya, kemudian menyiramkan air ke seluruh badannya, lalu mengambil sepotong kain atau kapas yang diberi minyak wangi kasturi, kemudian dia bersuci dengannya.” (Hr. Muslim).

Manfaat Daun Bidara Dalam Penggunaanya

1. Mengobati Gangguan Jin Dan Sihir

Manfaat daun bidara untuk ruqyah adalah salah satu yang paling populer. Pada prakteknya daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah dalam menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir-sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Salah satu tabi’in yang ahli di dalam ilmu kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk hingga halus. Kemudian daun bidara yang sudah halus tadi di larutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

Apabila sudah dibacakan ayat-ayat tadi, air daun bidara tadi diminum dan air sisanya digunakan untuk mandi. Insyaallah penyakit-penyakit yang berasal dari gangguan jin dan sihir akan hilang

2. Memandikan Jenazah

Sebagai umat islam, semua kegiatan dan gerak-gerik kita sehari-hari sudah diatur secara lengkap oleh Allah dan Nabi Muhammad SAW. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Bahkan untuk urusan jenazah pun sudah dijelaskan tata caranya.

Dalam hadits yang sudah disebutkan diatas disebutkan bahwa ketika kalian memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Di dalam daun bidara ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran.

3. Mengatasi Haid Tidak Lancar

Bagi wanita, haid adalah suatu keniscayaan karena merupakan sunnatullah. Dalam hal haid, tidak semua wanita mempunyai siklus yang normal. Ada sebagaian para wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur. Padahal siklus haid ini adalah masalah yang sangat penting bagi wanita secara kesehatan maupun dalam hal unutk memiliki momongan.




Jika anda mengalalmi hal tersebut, anda bisa menggunakan daun bidara sebagai obat herbal yang diminum secara rutin. Insyaallah dengan rutin disertai kesabaran, masalah haid anda akan terselesaikan.

4. Menurunkan Resiko Diabetes

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang lain adalah meminum air rebusan daun bidara secara rutin untuk menurunkan kadar gula darah. Penderita diabetes diharuskan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula lainnya untuk menstabilkan gula darah.

Selain mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya juga menjadikan herbal sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Daun bidara dapat menjadi salah satu pilihan obat herbal tersebut.

5. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang kedua adalah diaplikasikan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka. Daun bidara dipercaya memiliki sifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan.

Selain itu, daun bidara juga dipercaya memililki senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar dan mencegah luka bakar meninggalkan bekas pada kulit. Manfaat daun bidara untuk menyembuhkan luka lebih cepat juga berasal dari kemampuan daun bidara untuk mempercepat regenerasi kulit.

6. Menjaga Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya selanjutnya adalah dengan membuat masker daun bidara untuk memelihara kulit wajah. Kandungan antibakteri dalam lidah buaya mampu untuk membantu mengatasi jerawat.

Selain itu, bidara juga mampu membantu meremajakan kulit dan memberi perlindungan kulit dari sinar UV. Daun bidara juga membantu membersihkan wajah dengan lebih maksimal sehingga kebersihan dan kecantikan kulitpun terjaga.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat daun bidara dan cara menggunakannya yang pertama dikonsumsi langsung atau dalam bentuk jus untuk menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung bermacam jenisnya dan juga penyebabnya. Salah satu yang paling memengaruhi adalah gaya hidup kita. Maka dari itu, kita harus memiliki gaya hidup yang seimbang dan konsumsi daun bidara dipercaya dapat mencegah dan mengatasi gangguan jantung.

Demikianlah artikel tentang manfaat daun bidara dalam kehidupan sehari - hari . Dan Mudah - Mudahan artikelnya bermanfaat.




Sumber :

https://lamosea.com/manfaat-daun-bidara/

https://doktersehat.com/manfaat-daun-bidara/

https://www.panjimas.com

Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment