Menghormati Guru Adalah Kemuliaan Seorang Murid

Assalamu alaikum Sahabat islaMulia



Menghormati Guru Adalah Kemuliaan Seorang Murid

GURU adalah orang tua kedua, yaitu orang yang mendidik murid-muridnya untuk menjadi lebih baik sebagaimana yang diridhoi Allah ‘azza wa jalla. Sebagaimana wajib hukumnya mematuhi kedua orang tua, maka wajib pula mematuhi perintah para guru selama perintah tersebut tidak bertentangan dengan syari’at agama. Terlebih lagi gurumu yang telah mengajarimu ilmu-ilmu agama, maka derajatnya tentulah bagian khusus dalam hidupmu.



Guru merupakan pahlawan tanpa tanda jasa, namun kita sebagai muridnya tak pernah menghargai. Setidaknya kita belajar dengan baik pun guru akan merasa senang. Perilaku murid yang baik terhadap guru yang mengajarkan ilmu agama mau pun ilmu umum yang betul ajarannya ialah :

1. Selalu hormat padanya. Hormat disini artinya kita sebagai seorang murid hendaklah mengikuti segala perintahnya selama itu tidak melanggar syariat

2.  Mengikuti kegiatan belajar dengan baik

3.  Tidak Membangkang perkataannya

4.  Jangan bertanya sebelum guru kita berhenti bicara

5.  Mengamalkan ilmu yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari - hari

"Di antara akhlak kepada guru adalah memuliakan, tidak menghina atau mencaci-maki guru, sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Tidak termasuk golongan kami orang yang tidak memuliakan orang yang lebih tua dan tidak menyayangi orang yang lebih muda,” (HR Ahmad dan At-Tirmidzi).
Hendaklah kita hormat kepada guru kita, karena tiada bergunalah serta bermanfaat semua ilmu kita jika durhaka kepada guru kita. Kita bisa membaca, menulis, berhitung itu karena jasa sang guru. Maka jikalau kita ingin ilmu yang bermanfaat dunia dan akhirat berbaktilah kalian pada guru kalian.
Mudah - mudahan artikelnya bermanfaat




Sumber :
Alhabib Quraisy Baharun
Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment