Khasiat Dan Manfaat Buah Melon Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia


Sumber Gambar : Servingjoy.com

Buah melon termasuk jenis buah - buahan yang manis dan enak dan juga terdapat banyak manfaatnya bagi tubuh. Karena dalam buah melon terkandung 60 kalori dan 14 gram kandungan gula alami Dan juga masih banyak  manfaat jika kita memakan buah melon  yang kaya akan kandungan zat serta vitamin di dalamnya. Mari kita simak pembahasannya pada artikel di bawah ini :



Sumber Gambar : emakansehat


Khasiat Dan Manfaat Buah Melon

1.  Bermanfaat Sebagai Anti Kanker

Dalam buah melon ada kandungan karotenoid yang tinggi dalam buah melon dapat mencegah kanker dan menurunkan resiko kanker paru - paru. Dalam pemakaiannya konsumsilah buah melon secara teratur agar lebih efektif dalam mencegah benih kanker yang menyerang tubuh.

2.  Menyehatkan pencernaan

Apabila Sobat memiliki masalah pencernaan, Sobat dapat mencoba makan melon untuk melancarkan gerakan usus halus dengan mudah. Khasiat buah melon dapat melancarkan buang air besar (BAB) karena berkan kandungan air melon yang tinggi, sementara kandungan mineral menghilangkan keasaman yang sering menyebabkan kesulitan dalam pencernaan, terutama di organ lambung.

3.  Menurunkan Berat Badan

Manfaat buah melon ideal untuk menurunkan berat badan. Buah-buahan ini rendah sodium dan kalori serta lemak dan kolesterol bebas. Kandungan air yang tinggi dapat membuat Sobat kenyang lebih lama sementara rasa manis alami mencegah Anda untuk makan makanan manis. Selain melon, semangka juga sangat baik untuk menurunkan berat badan, secangkir penuh semangka hanya menyediakan 48 kalori.

4.  Menjaga Kulit Tetap sehat

Salah satu dari beberapa manfaat buah melon yang hebat adalah kandungan kolagen di dalamnya yang dapat menjaga struktur sel pada semua jaringan ikat termasuk kulit. Buah ini juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan menjaga kekencangan kulit. Konsumsi melon setiap hari penting untuk mereka yang punya kulit kasar dan kering.

5.  Mencaga Agar Terlihat Awet Muda

Buah melon dapat membantu meratakan warna kulit dan menyediakan manfaat antipenuaan atau awet muda berkat adanya vitamin A, B dan C. Anda dapat membuat masker wajah anti-penuaan dengan mengiris tipis melon segar. Tempatkan irisan tipis melon ini pada wajah dan kulit, diamkan selama 15 sampai 20 menit sebelum kemudian membilasnya dengan air dingin.

6.  Menehatkan Jantung

Dalam buah melon terdapat antikoagulan yang disebut adenosine yang terkandung dalamnya, yang dapat menghentikan pembekuan sel-sel darah yang menyebabkan stroke atau penyakit jantung. khasiat buah melon menurunkan risiko penyakit jantung dengan menghaluskan darah di dalam tubuh. Selain itu, kandungan air yang tinggi dalam melon memberikan efek menenangkan yang membantu meredakan mulas.

7.  Kaya Kandungan Vitamin B6

Vitamin B-6 berfungsi sebagai koenzim, enzim yang berguna untuk mengaktifkan proses kimia. Enzim ini digunakan salah satunya untuk memetabolisme protein. Vitamin B-6  dalam buah melon, penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang membantu mengatur mood dan membuat tidur Anda lebih nyenyak.

Selain itu kandungan vitamin B-6 pada buah melon dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat bermanfaat menjadi asam aminio yang baik untuk tubuh. Penting untuk mengubah zat homosistein, karena zat tersebut sering dikaitkan dengan adanya risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, melon juga mengandung vitamin B1 dan vitamin B3 yang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

8.  Baik Untuk Ibu Mengandung

Selama Mengandung, tubuh seorang ibu membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi daripada biasanya. Kondisi ini juga harus diperhatikan, karena ini adalah periode di mana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi maksimal akibat imunitas yang cenderung lebih lemah dari biasanya.


Sumber Gambar : ibudanbalita.com

Dengan memakan buah melon, ibu dapat memberikan tubuh sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Salah satu contohnya, kandungan kalium melon yang menjaga kesehatan jantung, serta vitamin C yang memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda ingin sehat melahirkan anak yang sehat, disarankan untuk makan 100 gram melon perharinya. 

Demikianlah pembahasan mengenai khasiat dan manfaat dari buah melon. penulis juga sangan menyukai buah ini dikarenakan rasanya yang manis dan menyehatkan bagi tubuh, makan buah ini dengan teratur supaya tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit.....Terima Kasih Telah Menyimak






Sumber :

https://doktersehat.com/
https://hellosehat.com/

Penulis : Idham Mukholid








No comments:

Post a Comment