Pengertian Dan Manfaat Daun Bidara

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia



Pengertian Pohon bidara

Pohon Bidara atau Widara ( Ziphus mauritiana ), merupakan sebuah pohon kecil dengan tinggi antara 5 - 15 meter. Pohon ini tumbuh tegak atau melebar dengan cabang - cabang yang menjuntai dan memiliki letak ranting yang tak beraturan. Warna dari daun bidara adalah hujau dan terdapat - duri - duri pada daunya.





Pohon Bidara Disebut Dalam Al - Qur'an

Allah swt berfirman dalam QS Saba Ayat 16

 فَأَعْرَضُوا فَأَرْسَلْنَا عَلَيْهِمْ سَيْلَ الْعَرِمِ وَبَدَّلْنَاهُم بِجَنَّتَيْهِمْ جَنَّتَيْنِ ذَوَاتَى أُكُلٍ خَمْطٍ وَأَثْلٍ وَشَيْءٍ مِّن سِدْرٍ قَلِيلٍ 

Artinya :
Tetapi mereka berpaling, maka Kami datangkan kepada mereka banjir yang besar dan Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon-pohon) yang berbuah pahit, pohon Atsl dan sedikit dari pohon Bidara (QS. Saba :16)




Manfaat Daun Bidara

1. Daun Bidara Digunakan Untuk Mengobati Gangguan Jin Dan Sihir

Wahb Bin Munabih, salah seorang pemuka tabi'in yang ahli dalam sejarah dan ilmu kedokteran menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang di haluskan. Kemudian dilarutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Surah Al - Kafirun, Al Ikhlas, Al  Falaq daN An - Naas.
( Mushannaf Ma'mar Bin Rasyid 11/13 )

Caranya, Tumbuklah tujuh helai daun bidara yang masih hujau diantara dua batu, lalu siramkan air diatasnya sebanyak jumlah air yang cukup untuk mandi dan bacakan di dalamnya ayat - ayat Al - Qur'an.

2. Mengobati Jerawat

Daun bidara dapat membersihkan dan menjaga kesehatan kulit. Masalah pada kulit wajah biasanya dialami oleh kaum remaja. Karena remaja biasanya akan tumbuh jerawat pada wajahnya dan itu sangat mengganggu solusinya ialah dengan mengoleskan daun bidara yang telah ditumbuk ke wajah. Daun bidara memiliki khasiat untuk mengatasi masalah jerawat.

3. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam daun bidara terdapat zat yang bisa menghentikan laju pendarahan, sehingga sangat efektif dalam proses penyembuhan luka . cara menggunakannya mudah saja. daun bidara segar bisa dihaluskan dengan cara ditumbuk. Setelah itu ditempelkan di area yang luka , Sobat boleh mencobanya

4. Daun Bidara Sebagai Obat Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit dimana penderitanya mengalami kelebihan gula ( glukosa ). Kencing Manis atau Diabetes adalah kondisi seseorang dimana kadar gula meningkat secara drastis, dikarenakan pankreas tidak mampu memproduksi insulin. Dan daun bidara ini bisa menjadi obat bagi yang mempunyai penyakit diabetes. Karena di dalam daun bidara terdapat zat glikemik rendah yang mampu menurunkan gula rendah pada si penderita.

5. Dapat Mencegah Kanker Dan Tumor

Daun bidara mempunyai khasiat mencegah penyakit kangker dan tumor. Dua penyakit ini menjadi salah satu penyebab tertinggi orang meninggal karena penyakit ini. Sejatinya kangker adalah penyakit yang disebabkan tidak terkendalinya pertumbuhan sel dalam suatu organ.




Dengan mengkonsumsi daun bidara, baik itu dijadikan minuman dan bahan campuran makanan maka dipercaya akan menghambat pertumbuhan sel kangker. Kandungan alami dari daun bidara bisa memperlambat proses rgenerasi sel kangker.





Sumber :
https://abuabdilbarr.wordpress.com/2011/05/14/bidara-sidr-pohon-yang-mempunyai-kehormatankemulian/
http://www.kabarmakkah.com/2015/08/ini-berbagai-khasiat-daun-bidara-salah.html
https://www.idntimes.com/
https://kingsunda.com


Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment