Dalil, Keutamaan Dan Manfaat Puasa Sunnah Senin Kamis

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia




      Puasa merupakan salah satu ibadah yang paling sangat banyak manfaatnya karena dalam puasa kita menjadi lebih bisa mengendalikan diri dari perbuatan yang akan menjerumuskan kita ke dalam dosa dan akan terlepas juga dari berbagai godaan syahwat,  merasakan pula keadaan orang - orang fakir dan mudah2an bisa terbebas dari siksa neraka kelak ....Aamiin.  Puasa ada puasa wajib dan ada juga puasa sunnah, untuk puasa wajib merupakan puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan dengan waktu satu bulan dan puasa sunnah itu ada banyak salah satunya ialah salat sunnah yang nanti akan kita bahas yaitu shalat sunnah Senin dan  Kamis .... Yuk Simak Artikel dibawah ini



Keutamaan Orang Yang Melakukan Ibadah Puasa


Nabi Muhammad SAW Bersabda :

كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ إِلاَّ الصَّوْمَ فَإِنَّهُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ يَدَعُ 
شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِى لِلصَّائِمِ فَرْحَتَانِ فَرْحَةٌ عِنْدَ فِطْرِهِ وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ. وَلَخُلُوفُ فِيهِ أَطْيَبُ عِنْدَ اللَّهِ مِنْ رِيحِ الْمِسْكِ


Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.”” (HR. Muslim no. 1151)

Nabi Muhammad SAW Bersabda :

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ كُلُّ الْعَمَلِ كَفَّارَةٌ إِلاَّ الصَّوْمَ وَالصَّوْمُ لِى وَأَنَا أَجْزِى بِهِ


Allah ‘azza wa jalla berfirman (yang artinya), “Setiap amalan adalah sebagai kafaroh/tebusan kecuali amalan puasa. Amalan  puasa adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya”.(HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa sanad hadits ini shahih sesuai syarat Muslim)







Dalil Yang Dianjurkan Puasa Senin Dan Kamis

Nabi Muhammad SAW Bersabda

عَنْ اَبِيْ قَتَادَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ اَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ اْلِاثْنَيْنِ ؟ فَقاَلَ ذَلِكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيْهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ اَوْ اٌنْزلَ عَلَيَّ فِيْهِ
Dari Abu Qotadah r.a, sesungguhnya Rosulululloh SAW ditanya tentang puasa Senin. Maka beliau menjawab : “Hari Senin adalah hari lahirku, hari aku mulai diutus atau hari mulai diturunkannya wahyu.” (HR. Muslim)

Nabi Muhammad SAW Bersabda


وَعَنْ اَبِيْ هَرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُعْرَضُ اْلَاعْمَالُ يَوْمَ اْلِاثْنَيْنِ وَالْخَمِيْسِ فَاُحِبّ اَنْ يٌّعْرَضَ عَمَلِيْ وَاَنَا صَائِمٌ

Dari Abi Hurairoh r.a, dari Rosulululloh SAW bersabda : “Seluruh amal disetor pada hari Senin dan Kamis, maka aku lebih menyukai saat setor amal tersebut dalam keadaan berpuasa.” (HR. Turmudzi)


Manfaat Menjalankan Puasa Senin Dan Kamis

1. Dapat Menahan Syahwat Dari Maksiat

Dengan puasa kita akan bisa lebih mengendalikan diri terutama dalam mengendalikan nafsu syahwat dari perbuatan maksiat jadi untuk anda yang masih belum menikah alangkah baiknya jika nafsu birahi anda muncul lakukanlah puasa senin dan kamis karena akan menghindarkan kita dari perbuatan maksiat dan dengan puasa akan mengurangi kadar nafsu kita karena perut kosong.

2. Lebih Banyak Bersyukur Akan Nikmat Yang Diberi

Puasa senin dan kamis dapat menjadikan kita menjadi hamba yang banyak bersyukur karena dengan berpuasa kita menahan lapar, haus sehingga kita merasakan pedihnya kehidupan orang - orang fakir yang mereka belum tentu bisa makan dalam sehari.

3. Dapat Menahan Amarah

Kita juga dengan berpuasa dapat lebih mengontrol diri kita dari amarah karena sesungguhnya sifat yang mudah marah dengan mencaci orang lain , bertindak kasar itu merupakan sifat yang berasal dari syaithan.

4. Menjadikan Hati Tenang

Dengan melakukan perbuatan ibadah puasa hati kita akan merasakan ketenangan kata kita dapat menjauhkan diri ini dari perbuatan dosa. Apalagi jika selama puasa dibarengi dengan berdzikir.





Sumber :

https://dalamislam.com/puasa/keutamaan-puasa-senin-kamis
https://rumaysho.com/845-merutinkan-puasa-senin-kamis.html
HR. An Nasai no. 2360 dan Ibnu Majah no. 1739. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih. Lihat Shahihul Jaami’ no. 4897.
Kitab Hadits Shahih



Penulis : Idham Mukholid



No comments:

Post a Comment