Khasiat Buah Kurma Yang Bermanfaat Bagi Tubuh

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia



      Buah kurma merupakan buah yang manis yang berasal dari daerah padang pasir yaitu negara Arab Saudi yang mana buah ini tidak asing lagi bagi kita apalagi pada saat bulan Ramadhan karena sunnah jika berbuka puasa memakan yang manis dulu yaitu dengan memakan kurma, Nah disini Idham ingin sharing tentang khasiat buah kurma bagi tubuh kita.





Khasiat Dan Manfaat Buah Kurma Bagi Tubuh Sebagai Berikut :

1. Melancarkan Buang Air Kecil

Sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Riyad menyebutkan jika kandungan nutrisi kurma bisa membuat seseorang menjadi lancar buang air kecil. Agar bisa buang air kecil secara lancar disarankan untuk mengkonsumsi minimal 5 buah kurma setiap hari.

2.  Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat buah ini yang paling utama ialah untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu kandungan utama kurma adalah kalsium. Zat yang satu ini sangat penting untuk kesehatan tulang. Bagi anda yang ingin tulangnya selalu sehat sangat disarankan untuk rajin mengkonsumsi kurma.

3.  Mengatasi Anemia

Bagi anda yang menderita anemia sangat disarankan untuk mengkonsumsi buah korma karena kandungan nutrisi pada kurma sangat baik untuk kesehatan yang didalamnya terdapat zat besi baik untuk orang yang menderita anemia. Kandungan zat besi pada kurma lebih baik karena masih alami jika dibandingkan dengan obat - obatan yang mengandung kimia.

4.  Mengatasi Alergi

Kurma merupakan buah yang secara Alami sudah memiliki kandungan sulfur. Dan zat yang terkandung dalam kurma sangat efektif untuk mengatasi alergi. Jika anda merasa alergi maka disarankan untuk mengkonsumsi kurma agar alergi tersebut dapat teratasi.

5.  Menambah Stamina

Kandungan gula pada kurma yang cukup tinggi sangat ampuh untuk meningkatkan stamina. Apabila anda banyak aktifitas dan kerjaan menumpuk sangat disarankan untuk memakan buah kurma sehingga stamina anda kembali pulih.

6.  Menjaga Kesehatan Sistem Syaraf

Syaraf merupakan seistem yang paling penting yang ada pada manusia. Jika salah satu syaraf rusak maka akan menimbulkan salah satu organ tubuh tidak berfungsi, maka dari itu untuk menjaga kesehatan syaraf dengan mengkonsumsi kurma setiap hari karena nutrisi yang terdapat pada buah kurma sangat baik untuk menjaga kesehatan syaraf.

7. Mengobati Diare

Kandungan Potasium dalam kurma sangat ampuh untuk mengatasi diare. Sebuah fakta menyebutkan bahwa kurma dapat mengobati diare akut dengan waktu yang cepat. Selain Potasium, serat yang ada pada kurma juga bisa membuat pemulihan diare menjadi lebih cepat. Jadi sediakanlah kurma dirumah karena kurma kaya akan manfaat.

8.  Mengurangi Rabun Senja

Manfaat kurma yaitu mengatasi berbagai kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokkan. dengan cara daun pohon kurma di giling kemudian dijadikan pasta, lalu digosok disekitar mata, atau saat kurma dikonsumsi seperti biasa, dan telah terbukti dapat mengurangi frekuensi kebutaan malam hari ( Rabun Senja )

9.  Membantu Mencegah Risiko Kanker Otak

Berbagai kandungan mineral di dalam buah kurma seperti magnesium, boron, kalsium, sulfur, dan potassium sangat berperan dalam mencegah risiko kanker otak. Mineral yang terdapat dalam buah kurma ini cukup banyak. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kurma sebanyak 15 buah dalam sehari, dengan demikian kebutuhan magnesium dan sulfur dapat terpenuhi dengan baik dalam tubuh.

10.  Mencegah Penggumpalan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu mencegah penggumpalan darah, karena kurma kaya akan asam salisilat. Tentu ini sangat penting, karena penggumpalan darah bisa berakibat fatal apabila terjadi pada pembuluh darah otak ( stroke ) dan pembuluh darah jantung ( Serangan Jantung )

11.  Mempercepat pemulihan Penyakit Demam Berdarah

Berdasarkan beberapa kajian menyatakan bahwa dengan memanfaatkan buah kurma ini dapat membantu dalam peningkatan jumlah trombosit pada penderita sakit demam berdarah. Mineral yang terdapat dalam kurma setelah dikonsumsi seperti galaktosa, xilosa, dan manosa, dapat menambah kadar trombosit sekitar 23.90%.





Penulis : Idham Mukholid

Sumber :

https://www.manjadda.com
https://mediskus.com
https://www.khasiat.co.id



No comments:

Post a Comment