Keutamaan Dan Khasiat Membaca Sholawat Nuril Anwar

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia



     Sholawat Nuril Anwar merupakan sholawat yang disebut juga sebagai sholawat Badawi Sughro yang berdasarkan dari berbagai sumber sholawat Nuril Anwar ini disusun oleh Wali Qutub Al - Imam Ahmad Al - Badawi ra. Beliau mempunyai nasab atau silsilah yang sampai kepada Rosulullah saw. Karena cinta kepada baginda Nabi Muhammad saw inilah yang menjadi salah satu alasan dalam membuat sholawat Nuril Anwar ini.




Adapun nasab atau silsilah dari pencipta Sholawat Nuril Anwar, Yaitu Wali Qutub Al - Imam Ahmad Al - Badawi ra, sebagai berikut :

Ahmad bin ‘Alī bin Ibrahim bin Muhammad bin Abi Bakar bin Ismail bin’ Umar bin ‘Alī ibn Utsman ibn al-Husain bin Muhammad ibn Musa al-Ashhab bin Yahya bin ‘Isa bin’ Alī bin Muhammad bin Hasan bin Ja’far bin ‘Alī al-Hadi bin Muhammad al-Jawad ibn’ Alī ar-Ridha bin Musa al-Kazim bin Ja’far al-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin [Zain al-‘Abidin]’ Alī ibn al-Husain bin Fatimah, Putri Nabi Muhammad SAW.

Bacaan Sholawat Nuril Anwar Versi Arab :





Bacaan Sholawat Nuril Anwar Versi Latin :

ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA NUURIL ANWAARI WASIRRIL ASRAARI, WATIRYAAQIL AGHYAARI WAMIFTAAHI BAABIL YASAARI, SAYYIDINAA WAMAULAANA MUHAMMADINIL MUHTAARI WA AALIHIL ATH HAARI WA ASH HAABIHIL AHYAARI 'ADADA NI'AMILLAAHI WA IFDHAALIH.

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segenap rahasia, penawar duka dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Allah dan karu-nia-Nya”

Tanggapan para Alimul Ulama tentang Sholawat Nuril Anwar :

>>Dari Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dalam kitabnya Afdhal ash-Sholawat mengutip sebagaimana di atas dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dengan sedikit tambahan, yani:
“...bahkan sholawat ini mujarrab untuk segala sesuatu dan bilangan wiridannya adalah 100 kali setiap hari.”

>>Dari Sayyid Ahmad Ruslan :
Shalawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana dan meraih cahaya, bahkan sangat manjur untuk segala keperluan.”

Keutamaan Membaca Sholawat Nuril Anwar berdasarkan pendapat para Alimul Ulama :
  • Jika seseorang membaca shalawat ini setiap selesai shalat fardhu, maka ia akan terhindar dari segala marabahaya dan memperoleh rezeki dengan mudah.
  • Jika seseorang membaca shalawat ini sehari dan malamnya 100 kali, maka ia akan memperoleh rezeki lahir-batin, manjur untuk mendatangkan segala hajat, menolak bencana, dan memperoleh cahaya Ilahi.
  • Jika seseorang menginginkan jabatan atau kedu-dukan tinggi, maka hendaklah ia membaca shalawat ini sebanyak 21 X setiap akan berangkat kerja
  • Bila seseorang membaca shalawat ini 7 kali setiap akan tidur, insya Allah ia terhindar dari sihir yang dilakukan orang yang jahat.
  • Jika dibaca ketika hati sedang gandrung atau hati sedang ruwet maka Allah akan memberikan kelapangan hati dan kegembiraan
  • Jika sedang mengalami amarah yang memuncak kemudian membaca sholawat nurul anwar insya Allah kemarahan akan reda seketika, begitu juga apabila menghadapi orang yang sedang marah atau menghadapi orang yang sangat ditakuti kemarahannya maka bacalah sholawat Nuuril anwar.
  • Untuk menjernihkan pikiran, khususnya bagi para penuntut imu, memudahkan menerima pelajaran dari pengajar.
  • Untuk mengalami kesempitan rezeki agar luas rezeki wiridkan sholawat Nuril Anwar
  • Usaha dagang / bisnis tumpur atau yang hidup segan mati tak mau maka baik sekali mewiridkan sholawat nuurul anwar setiap selesai sholat 5 waktu.
  • Sholawat Nuurul Anwar jika selalu diamalkan maka dapat memberi efek bagi orang yang pemarah jadi lembut hati, yang pendendam jadi penyayang.
   
      Mudah - mudahan kita dapat mengamalkannya, karena dengan sholawat merupakan salah satu cara untuk mencintai bagi Nabi Muhammad SAW. Karena Rosulullah saw adalah kekasih Allah swt . Jika kita mencintainya tentunya Allah akan memuliakan orang yang mencintai kekasihnya. Dan mudah - mudahan di alam akhirat nanti kita bisa berjumpa dengan baginda Nabi Muhammad SAW...Aamiin




Penulis : Idham Mukholid

Sumber :
http://khusus-doa.blogspot.com
https://www.walisembilan.com



1 comment: