Perkara - Perkara Yang Dapat Mengurangi Pahala Puasa Menurut Al - Qur'an Dan Hadits

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia


      Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah dan merupakan momen bagi umat muslim berlomba - lomba untuk mendapatkan pahala yang banyak. Karena di bulan ramadhan Allah swt melipat gandakan pahala orang yang beribadah , Namun terkadang kita tidak bisa mengontrol emosi, hawa nafsu dan bertingkah laku yang buruk. Apakah semua itu akan mempengaruhi kepada pahala puasa ...?




Rosulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :


Rosulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda :




Berikut Perkara - Perkara Yang Mengurangi Pahala Puasa Ramadhan :

1. Marah / Emosi

    Marah merupakan bentuk luapan emosi karena seseorang mengikuti hawa nafsunya yang tidak terkontrol dan dampaknya akan menimbulkan perkelahian dan saling bermusuhan, pada saat puasa  kita harus bisa mengontrol amarah kita karena itu akan mengurangi pahala puasa jadi harus menghindari dari perkara yang membuat amarah kita terpancing keluar.
    
2. Berbohong 

   Berbohong merupakan perkara yang diharamkan oleh gusti Allah swt karena berbohong itu akan mendatang kan kerugian bagi kedua belah pihak baik itu yang melakukan kebohongan maupun orang yang di bohongi dan akan menimbulkan ketidak percayaan orang lain kepada kita jadi orang yang suka berbohong akan dibenci oleh banyak orang, dan jika dilakukan pada saat bulan puasa maka bohong atau dusta bisa menghilangkan pahala puasa

3. Fitnah

   Memfitnah orang lain juga merupakan varian dari kebohongan. Jika bohong adakalanya dampak langsungnya kecil, Namun fitnah umumnya berdampak besar. Ia bisa menghancurkan nama baik seseorang ,bahkan bisa membuat orang yang difitnah masuk penjara atau di hukum mati. padahal orang yang di fitnah tidak pernah melakukan hal tersebut.

Allah swt berfirman dalam Al - Qur'an :

4. Ghibah

    Ghibah merupakan perkara yang buruk karena ghibah itu membicarakan kejelekan orang lain kepada orang - orang , meskipun yang di sampaikan apa adanya (tidak bohong), ini juga termasuk perbuatan yang dapat menghilangkan puasa . Ghibah termasuk dalam kategori Al - Jahl = Kebodohan atau tindakan bodoh.

Allah swt berfirman dalam Al - Qur'an :

5. Melihat aurat lawan jenis dengan Syahwat melalui gambar atau video

    Apabila melihat lawan jenis dengan syahwat bisa melihat langsung atau lewat gambar dan video tentang dewasa maka itu akan mengurangi pahala puasa beda lagi jika sampai keluar air mani maka itu akan membatalkan kepada puasa maka jauhi perkara ini. Karena akan menimbulkan kerugian yang besar.




Sumber :
https://webmuslimah.com
http://warohmah.com
https://tafsirq.com

Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment