Pengertian Kiamat Sugra Dan Kubra Serta Tanda - Tandanya Menurut Al - Qur'an Dan Hadits

Assalamu alaikum, Sahabat islaMulia



Pengertian Hari Kiamat ( Hari Akhir )

    Hari kiamat / Hari Akhir adalah hari dimana musnahnya alam semesta dan semua makhluk hidup yang ada di alam semesta dan mempercayai akan datangnya hari akhir ialah merupakan rukun iman yang ke 5. Kemudian Allah swt menciptakan alam lain yang disebut alam akhirat. Disitulah makhluk akan dibangkinkan yakni dihidupkan lagi setelah mereka mati.

Foto Editing : Idham Mukholid

Kiamat terbagi dua yaitu kiamat sugra dan kiamat kubro berikut adalah pengertian dari kiamat sugra dan kiamat kubra :

Pengertian Kiamat Sugra

    Kiamat Sugra adalah kiamat kecil yang merupakan berakhirnya kehidupan sebagian makhluk di dunia ini, baik itu secara individu maupun secara kelompok. Semua makhlik hidup yang bernyawa di dunia ini akan mengalami kematian. Tidak ada satupun makhluk hidup yang kekal abadi, semuanya akan musnah dan binasa.

Allah swt berfirman dalam Qs Al - Imran ayat 185

كُلُّ نَفْسٍ ذَائِقَةُ الْمَوْتِ ۗ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ۖ فَمَنْ زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ ۗ وَمَا الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلَّا مَتَاعُ الْغُرُورِ

Artinya : Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.(Qs Al - Imran ayat 185)

Contoh kiamat sugra sebagai berikut :

1. Bencana Alam ( gempa bumi, banjir, tsunami, tornado, wabah penyakit, dll )
2. Kematian Seseorang
3. Sakit
4. Kecelakaan

Pengertian Kiamat Kubra

Kiamat Kubra adalah Kiamat Besar yang merupakan berakhirnya kehidupan makhluk yang berada di bumi ini. Siapapun dan makhluk apaun tidak ada yang tahu tentang kapan datangnya kiamat kubra bahkan para Rosul dan Para Malaikat pun. Apalagi kita sebagai manuia biasa. Kiamat Kubra itu merupakan rahasia gusti Allah swt. Tapi untuk proses kejadiannya di jelaskan dalam firman Allah swt.

Allah swt berfirman dalam Al - Qur'an Qs Al - Haqqah ayat 13 - 18

فَإِذَا نُفِخَ فِي الصُّورِ نَفْخَةٌ وَاحِدَةٌ

Artinya : Maka apabila sangkakala ditiup sekali tiup ( Qs Al - Haqqah ayat 13)

وَحُمِلَتِ الْأَرْضُ وَالْجِبَالُ فَدُكَّتَا دَكَّةً وَاحِدَةً

Artinya : dan diangkatlah bumi dan gunung-gunung, lalu dibenturkan keduanya sekali bentur ( Qs Al - Haqqah ayat 14)

فَيَوْمَئِذٍ وَقَعَتِ الْوَاقِعَةُ

Artinya : Maka pada hari itu terjadilah hari kiamat ( Qs Al - Haqqah ayat 15)


وَانْشَقَّتِ السَّمَاءُ فَهِيَ يَوْمَئِذٍ وَاهِيَةٌ

Artinya : dan terbelahlah langit, karena pada hari itu langit menjadi lemah. ( Qs Al - Haqqah ayat 16)


وَالْمَلَكُ عَلَىٰ أَرْجَائِهَا ۚ وَيَحْمِلُ عَرْشَ رَبِّكَ فَوْقَهُمْ يَوْمَئِذٍ ثَمَانِيَةٌ

Artinya : Dan malaikat-malaikat berada di penjuru-penjuru langit. Dan pada hari itu delapan orang malaikat menjunjung 'Arsy Tuhanmu di atas (kepala) mereka.( Qs Al - Haqqah ayat 17)


يَوْمَئِذٍ تُعْرَضُونَ لَا تَخْفَىٰ مِنْكُمْ خَافِيَةٌ

Artinya : Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Tuhanmu), tiada sesuatupun dari keadaanmu yang tersembunyi (bagi Allah). ( Qs Al - Haqqah ayat 18)

Tanda - Tanda Kiamat Sugra (kecil) :

1. Menggembungnya Bulan

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam: “Di antara sudah mendekatnya kiamat ialah menggembungnya bulan sabit (awal bulan)," dishahihkan AlBaani di Ash Shahihah nomor 2292. Dalam riwayat yang lain dikatakan “Di antara sudah dekatnya hari kiamat ialah bahwa orang akan melihat bulan sabit seperti sebelumnya, maka orang akan mengatakan satu bentuk darinya untuk dua malam dan masjid akan dijadikan tempat untuk jalan jalan serta banyaknya orang yang mati mendadak," (Ash Shahiihah AlBani 2292).

2. Banyaknya Pasar

Rasulullah bersabda: “Kiamat hampir akan terjadi apabila sudah banyak perbuatan bohong, masa (waktu) akan terasa cepat berlalu, dan pasar pasar akan berdekatan (jaraknya karena saking banyaknya)," (sahih Ibnu Hibban).

3.Jual Beli Hukum Dan Jabatan

 Rasululah bersabda: “Bersegeralah kamu melakukan amal shalih sebelum datang enam perkara : pemerintahan orang orang jahil, banyaknya polisi, penjual belian hokum atau jabatan, memandang remeh terhadap darah, pemutusan silaturrahim, adanya manusia yang menjadikan al-Qur’an sebagai seruling dimana mereka menunjuk seorang imam untuk sholat jamaah agar ia dapat menyaksikan keindahannya dalam membaca al-Qur’an meskipun ia paling sedikit ke-faqihannya," (Musnad Ahmad, At Thabrani, Ash Shaihhah AlBani 979).

 4. Manusia Bermegah - Megahan Dalam Membangun Masjid

Dari Anas bin Malik Ra. Rasulullah bersabda: “Tidak akan terjadi kiamat hingga manusia berbangga-bangga dengan masjid," (hadist sahih musnad Ahmad3:134,145, An Nasa’i 2:32, Abu Dawud 449,Ibnu Majah 779). Padahal Rasulullah di lain tempat berkata “Aku tidak diutus untuk menjulangkan masjid-masjid," (sahih sunan Abu Dawud: 448).

 5. Ulama Haq Mulai Ditinggalkan

Dari Sahl bin Saad as-Sa ‘idi Ra. ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ya Allah! Jangan Engkau pertemukan aku dan mudah-mudahan kamu (sahabat) tidak bertemu dengan suatu zaman dikala para ulama sudah tidak diikuti lagi, dan orang yang penyantun sudah tidak dihiraukan lagi. Hati mereka seperti hati orang Ajam (pada fasiqnya), lidah mereka seperti lidah orang Arab (pada fasihnya)." (HR. Ahmad).

6.  Islam Tinggal Nama Dan Tulisannya Saja

Dari Ali bin Abi Thalib Ra. ia berkata: Telah bersabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Sudah hampir tiba suatu zaman, kala itu tidak ada lagi dari Islam kecuali hanya namanya, dan tidak ada dari al-Qur’an kecuali hanya tulisannya. Masjid-masjid mereka indah, tetapi kosong dari hidayah. Ulama mereka adalah sejahat-jahat makhluk yang ada di bawah kolong langit. Dari merekalah keluar fitnah, dan kepada mereka fitnah itu akan kembali." (HR. al-Baihaqi).

7.  Waktu Terasa Pendek

Dari Anas bin Malik Ra. ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidak akan terjadi qiamat sehingga waktu terasa pendek, maka setahun dirasakan seperti sebulan, sebulan dirasakan seperti seminggu, seminggu dirasakan seperti sehari, sehari dirasakan seperti satu jam serta satu jam dirasakan seperti satu kilatan api." (sebentar saja, hanya seperti kilatan api sekejap). (HR. Tirmizi).

 8. Aurat Dibuka Massal, Keharaman Menjadi Mode Dan Gaya

Dari Abu Hurairah Ra. ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Ada dua golongan yang akan menjadi penghuni Neraka, keduanya belum pemah aku lihat mereka. Pertama, golongan (penguasa) yang mempunyai cambuk bagaikan ekor sapi yang digunakan untuk memukul orang. Kedua, perempuan yang berpakaian tetapi telanjang, lenggang-lenggok waktu berjalan, mengayun-ayunkan bahu. Kepala mereka (sanggul di atas kepala mereka) bagaikan bonggol (ponok unta yang condong). Kedua golongan ini tidak akan masuk sorga dan tidak akan dapat mencium bau harumnya. Sesungguhnya bau harum sorga itu sudah tercium dari jarak perjalanan yang sangat jauh." (HR. Muslim).

9.  Islam Yang Benar Malah Jadi Asing

Dari Abu Hurairah Ra. Ia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Islam mulai berkembang dalam keadaan asing. Dan ia akan kembali asing pula. Maka beruntunglah orang-orang yang asing." (HR. Muslim).

10.  Al - Qur'an Sebagai Alat Propaganda

Ali bin Thalib r.a. berkata bahawa beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kelak akan muncul di antara umatku suatu kaum yang membaca al-Qur’an bukan seperti lazimnya kamu membaca, dan sembahyangmu jauh berbeda dengan cara mereka bersembahyang. Mereka membaca al-Qur’an dengan mengira bahawa al-Qur’an itu sebagai alat propaganda mereka, padahal al-Qur’an itu berisi peringatan yang harus mereka junjung. Bacaan mereka itu tidak melebihi kerongkongnya (tidak sampai meresap ke dalam hati). Mereka itu sebenarnya keluar dari Islam, bagaikan anak panah yang lepas dari busurnya." (Riwayat Muslim)

11. Golongan Pendusta Di Bidang Hadits

 Dari Abu Hurairah r.a. berkata bahawa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Kelak akan ada di antara generasi akhir dari umatku orang-orang yang meriwayatkan kepada kamu hadis yang belum pernah – juga bapa-bapa kamu – mendengarnya. Untuk itu, hindarilah mereka." (Riwayat Muslim).

12.  Lelaki Menyerupai Wanita Dan Wanita Menyerupai Laki - Laki

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Di antara tanda-tanda dekatnya Hari Kiamat adalah laki-laki menyerupai wanita dan wanita menyerupai laki-laki." (Riwayat Abu Nu’aim).


Tanda - Tanda Kiamat Kubra ( Besar ) : 

Foto Editing : Idham Mukholid

1. Munculnya Asap ( Ad - Dukhan )

Allah swt berfirman dalam Qs Ad - Dukhon ayat 10 - 11

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِي السَّمَاءُ بِدُخَانٍ مُبِينٍ

Artinya : Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata (Qs Ad - Dukhon ayat 10)

يَغْشَى النَّاسَ ۖ هَٰذَا عَذَابٌ أَلِيمٌ

Artinya : yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih (Qs Ad - Dukhon ayat 11)


2. Keluarnya ad - dabbah ( Binatang yang bisa bicara )

Allah swt berfirman dalam Qs an - naml ayat 82

وَإِذَا وَقَعَ الْقَوْلُ عَلَيْهِمْ أَخْرَجْنَا لَهُمْ دَابَّةً مِنَ الْأَرْضِ تُكَلِّمُهُمْ أَنَّ النَّاسَ كَانُوا بِآيَاتِنَا لَا يُوقِنُونَ

Artinya : Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.(Qs an - naml ayat 82 )

3.  Terbitnya Matahari Dari Sebelah Barat

Al - Imam Ahmad dan Muslim meriwayatkan dari Abdullah bin Amr radiyallahu anhuma ia berkata : Aku menghapal dari Rosulullah shallallaahu 'alaihi wasallam sebuah hadits yang aku tidak lupa setelahnya. Aku pernah mendengar Rosulullah saw bersabda : Sesungguhnya tanda - tanda ( besar hari kiamat ) pertama yang akan muncul adalah terbitnya matahari dari arah barat.

4. Keluarnya Dajjal Dan Ya'Juz Wa Ma'juz

Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda : Tidak ada antara penciptaan Adam dan hari kiamat makhluk yang lebih besar dari Dajjal ( dalam riwayat : fitnah yang lebih besar dari fitnah Dajjal ( HR. Muslim no. 2946)

5. Turunnya Nabi Isa AS

Imam Muslim No 2937 disebutkan kisah turunnya Nabi Isa AS diantara kisahnya adalah :

Ketika Dia ( Dajjal) dalam keadaan demikian, lantas Allah menurunkan Al Masih Ibnu Maryam. Dia akan turun di menara putih di bagian timur kota Damaskus mengenakan pakaian berwarna kuning kunyit dan meletakkan kedua telapak tangannya pada sayap kedua malaikat ( yang membawanya turun ). Jika dia menundukkan kepalanya maka air akan menetes dari kepalanya, dan jika dia menengadahkannya maka akan jatuh dari kepalanya butiran - butiran laksana mutiara. Tidaklah ada seorang kafir yang mencium aroma nafasnya melainkan pasti mati, dan aroma nafasnya tersebar sejauh pandangan matanya. Nabi Isa akan memburu Dajjal sampai beliau menemukannya di daerah Babu Ludd, Lalu beliau membunuhnya.

Fase - Fase Hari Kiamat

1. Yaumul Barzakh

Allah swt berfirman dalam Qs Al - Mu'minun ayat 100

لَعَلِّي أَعْمَلُ صَالِحًا فِيمَا تَرَكْتُ ۚ كَلَّا ۚ إِنَّهَا كَلِمَةٌ هُوَ قَائِلُهَا ۖ وَمِنْ وَرَائِهِمْ بَرْزَخٌ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

Artinya : agar aku berbuat amal yang saleh terhadap yang telah aku tinggalkan. Sekali-kali tidak. Sesungguhnya itu adalah perkataan yang diucapkannya saja. Dan di hadapan mereka ada dinding sampal hari mereka dibangkitkan ( Qs Al - Mu'minun ayat 100 )

2. Yaumul Ba'ats ( Hari Kebangkitan dari Alam Kubur )

يَوْمَ يَبْعَثُهُمُ اللَّهُ جَمِيعًا فَيُنَبِّئُهُمْ بِمَا عَمِلُوا ۚ أَحْصَاهُ اللَّهُ وَنَسُوهُ ۚ وَاللَّهُ عَلَىٰ كُلِّ شَيْءٍ شَهِيدٌ


Artinya : Pada hari ketika mereka dibangkitkan Allah semuanya, lalu diberitakan-Nya kepada mereka apa yang telah mereka kerjakan. Allah mengumpulkan (mencatat) amal perbuatan itu, padahal mereka telah melupakannya. Dan Allah Maha Menyaksikan segala sesuatu. (Qs Al - Mujadalah ayat 6 )

3.  Yaumul Hasyr ( Hari Berkumpul Di Padang Mahsyar )

وَيَوْمَ نَحْشُرُهُمْ جَمِيعًا ثُمَّ نَقُولُ لِلَّذِينَ أَشْرَكُوا أَيْنَ شُرَكَاؤُكُمُ الَّذِينَ كُنْتُمْ تَزْعُمُونَ

 Artinya : Dan (ingatlah), hari yang di waktu itu Kami menghimpun mereka semuanya kemudian Kami berkata kepada orang-orang musyrik: "Di manakah sembahan-sembahan kamu yang dulu kamu katakan (sekutu-sekutu) Kami?". (Qs Al - An'am ayat 22)

4. Yaumul Hisab ( Hari Perhitungan )

فَسَوْفَ يُحَاسَبُ حِسَابًا يَسِيرًا

Artinya : maka dia akan diperiksa dengan pemeriksaan yang mudah (Qs Al - Insyiqaq ayat 8 )

5. Yaumul Mizan ( Hari Pertimbangan Amal )

6. Yaumul Jaza ( Hari Pembalasan )

وَلَقَدْ خَلَقْنَا فَوْقَكُمْ سَبْعَ طَرَائِقَ وَمَا كُنَّا عَنِ الْخَلْقِ غَافِلِينَ

Artinya : Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan di atas kamu tujuh buah jalan (tujuh buah langit); dan Kami tidaklah lengah terhadap ciptaan (Kami) (Qs. Al - Mu'minun ayat 17 )






Sumber :
http://www.habibullahurl.com
https://rejekinomplok.net
http://islamiwiki.blogspot.com
http://materitentangpelajaran.blogspot.com
https://tafsirq.com

Penulis : Idham Mukholid
 

3 comments:

  1. Izin Share gan Mantap ilmunya

    ReplyDelete
  2. Mangga silahkan gan...Terima kasih sudah berkunjung ya

    ReplyDelete
  3. kiamat itu pasti dan semoga kita di jauhkan dari neraka

    ReplyDelete