Pengertian Iman Kepada Malaikat Allah swt, Hukum Berdasarkan Al - Qur'an Dan Hadits

Assalamu alaikum, Sahabat IslaMulia

      Malaikat adalah salah satu makhluk ciptaan Allah yang bersifat gaib, yang diciptakan dari nur (cahaya), mereka selalu taat, tunduk, patuh kepada Allah, tidak pernah ingkar janji dan tidak membutuhkan makan dan minum. Malaikat menghabiskan waktu siang dan malam untuk mengabdi hanya untuk kepada Allah SWT.

Malaikat diciptakan oleh Allah SWT memiliki tujuan dan tugas tertentu. Malaikat ini merupakan makhluk gaib yang memiliki sifat dan ciri-ciri berbeda dengan manusia. Malaikat adalah makhluk yang tidak berwujud, tidak dapat disentuh, dilihat dan didengar.
Iman kepada Malaikat Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT telah menciptakan Malaikat sebagai makhluk gaib yang telah diutus untuk melaksanakan segalah perintah-Nya. Manusia yang mengimaninya akan selalu berhati-hati dan menjaga dirinya dalam berkata-kata dan berbuat sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.

CARA BERIMAN KEPADA MALAIKAT

Cara sederhana percaya adanya malaikat ialah dengan mengenal dan mengetahui sifat beserta tugas-tugasnya. Sifatnya seperti, malaikat tidak makan, minum, dan tidur. Mereka juga tak memiliki nafsu dan hanya menghabiskan waktunya untuk mengabdi pada Allah.

Malaikat memiliki sayap yang jumlahnya berbeda-beda dan bisa menampakkan diri sebagai manusia, bila memang diperintahkan. Dalam makalah iman kepada malaikat yang dilansir dari web Academia juga menjabarkan, bahwa malaikat bisa bergerak secepat kilat, tidak memiliki jenis kelamin, dan adalah hamba Allah yang paling dekat.



Untuk tugas-tugas malaikat banyak dan beragam, karena jumlah malaikat sendiri sangat banyak. Contohnya malaikat penjaga, malaikat pemohon ampunan, malaikat pendengar, dan masih banyak lagi. Dari banyaknya malaikat, ada 10 yang memiliki tugas khusus dan wajib dikenal nama beserta tugasnya. Di antaranya:
  • Malaikat Jibril: Menyampaikan wahyu Allah SWT
  • Malaikat Mikail: Memberikan dan membagi rezeki
  • Malaikat Israfil: Meniup sangkakala di hari akhir nanti
  • Malaikat Izrail: Mencabut nyawa
  • Malaikat Munkar dan Nakir: Bertanya pada manusia di alam kubur
  • Malaikat Raqib: Mencatat perbuatan baik
  • Malaikat Atid: Mencatat perbuatan buruk
  • Malaikat Malik: Menjaga pintu neraka
  • Malaikat Ridwan: Menjaga pintu surga

HUKUM BERIMAN KEPADA MALAIKAT

 Dalam Al - Qur'an

 



Dalam Al - Hadits 



      “Iman itu percaya kepada Allah, para malaikat-Nya, kitab-kitabn-Nya, dan para Rasul-Nya, serta kepada hari akhir dan kepastian yang baik dan buruk dari pada-Nya.” (Bukhari Muslim)

Sumber :

http://www.habibullahurl.com

https://www.sayanda.com/iman-kepada-malaikat/

 http://islamidia.com/10-nama-malaikat-allah-dan-tugasnya/

http://kakakpintar.com/pengertian-iman-kepada-malaikat-allah-beserta-fungsinya/

https://kumpulan-doamuslim.blogspot.co.id

https://tafsirq.com/


Penulis : Idham Mukholid

 

No comments:

Post a Comment