Bacaan Doa Setelah Adzan Dan Setelah Iqomah

Assalamu alaikum Sahabat IslaMulia

      Adzan merupakan panggilan untuk kita selaku umat muslim untuk menunaikan sholat, arti adzan dalam bahasa indonesia yang berarti pemberitahuan atau bisa juga diartikan sebagai pemberitahuan telah masuk waktu sholat dengan menyebutkan lafadz-lafadz tertentu. 

      Sedangkan iqomah dalam bahasa indonesia sama dengan mengajak atau dapat diartikan sebagai pemberitahuan untuk mendirikan sholat dengan menyebut lafadz-lafadz tertentu.



Berikut ini adalah bacaan doa setelah adzan beserta terjemahnya :





Faedahnya :

Dalam Hadist berdasarkan Imam Nawawi yang mengatakan: Kami telah meriwayatkan dari Sunan Abu Dawud dengan sanad shahih dari Sahl bin Sa’ad radliyallahu ‘anhu. Berdasarkan beliau, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa :

“Dua hal yang tidak ditolak doanya atau sedikit sekali ditolaknya. Pertama, yaitu doa yang dilafalkan ketika mendengar adzan dan kedua, doa ketika dalam keadaan kesusahan, yaitu ketika perang.” HR. Abu Dawud nomor 3540, dishahihkan oleh Syaikh Salim Al Hilali dalam Shahihul Adzkar wa Dlaifuha  dan Al Arnauth dalam tahqiq Al Adzkar An Nawawi"
Sesuai namanya, doa setelah adzan tentu dibacakan setelah adzan. Namun, sambil menunggu adzan berhenti berkumandang, ada amalan lain yang bisa kita lakukan sebagai sunnah. Beberapa amalan tersebut tercantum dalam hadist riwayat Muslim no. 384, HR.Bukhari no. 614, HR. Muslim no. 386, HR. Abu Daud no. 524 sebagaimana berikut:

Sumber: http://doaniatsholat.blogspot.com/2016/11/doa-setelah-adzan-dan-iqomat-artinya.html
Disalin dari Blog Doa Niat Sholat.


Berikut ini adalah bacaan doa setelah iqomah beserta terjemahnya :


Alhamdulillah mudah - mudah an bermanfaat . dan mudah - mudahan kita termasuk hamba Allah swt yang istiqomah dalam beribadah...AMIIN

Sumber :
http://www.blogkhususdoa.com/
http://www.doaharianislami.com
https://satujam.com/doa-setelah-adzan/
https://goresantanganbangjai.blogspot.co.id/

Penulis : Idham Mukholid

Sesuai namanya, doa setelah adzan tentu dibacakan setelah adzan. Namun, sambil menunggu adzan berhenti berkumandang, ada amalan lain yang bisa kita lakukan sebagai sunnah. Beberapa amalan tersebut tercantum dalam hadist riwayat Muslim no. 384, HR.Bukhari no. 614, HR. Muslim no. 386, HR. Abu Daud no. 524 sebagaimana berikut: Pertama, mengucapkan kalimat adzan seperti yang diucapkan oleh muadzain; kemudian melafalkan sholawat Nabi dengan lafal : Allahumma sholli ‘ala Muhammad, membaca kalimat tauhid : Asyhadu allaa ilaaha illallah, wahdahu laa syarikalah wa anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuluuh. Rodhitu billahi robbaa, wa bi muhammadin rosulaa, wa bil islami diinaa. Membaca doa setelah adzan yang lafalnya telah kami sajikan di atas, Serta membaca doa yang menjadi keinginan kita, mengingat waktu setelah adzan adalah salah satu waktu mustajab untuk berdoa.

Sumber: http://doaniatsholat.blogspot.com/2016/11/doa-setelah-adzan-dan-iqomat-artinya.html
Disalin dari Blog Doa Niat Sholat.

No comments:

Post a Comment