Ganjaran Pahala Sangat Besar Dari Berqurban Dan Banyak Hikmah Yang Didapat

Assalamu alaikum,Sahabat IslaMulia

Mudah2an kita semua bisa melaksanakan sebuah ibadah yang dimuliakan oleh gusti Allah swt yaitu ibadah Qur ban  dan ibadah ini insya alloh diberikan pahala yang sangat besar sebagaimana yang akan kita sharing / kaji dibawah ini :




Ganjaran Pahala yang sangat besar

Nabi Muhammad saw bersabda.:
"Pada tiap-tiap lembar bulunya itu kita memperoleh satu kebaikan." (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Dari hadits di atas, dapat digambarkan begitu besarnya pahala yang akan diperoleh bagi mereka yang mengerjakan ibadah berqurban. Yaitu diibaratkan setiap satu bulu dari hewan atau binatang yang disembelih adalah satu kebaikan. Dengan demikian akan mendapatkan begitu banyak, besar kebaikan dan pahala karena bulu-bulu dari hewan qurban yang begitu banyak.

Hikmah dan keteladanan dari ibadah kurban

Selain keutamaan, tujuan dan manfaat dari penyembelihan qurban di atas, beberapa hikmah keteladanan yang dapat kita ambil dari amalan ibadah qurban antara lain adalah:

Menghidupkan sunnah Nabi Ibrahim

Dalil firman Allah swt. dalam al-Qur’an al-karim:


ثُمَّ أَوۡحَيۡنَآ إِلَيۡكَ أَنِ ٱتَّبِعۡ مِلَّةَ إِبۡرَٰهِيمَ حَنِيفٗاۖ وَمَا كَانَ مِنَ ٱلۡمُشۡرِكِينَ

Artinya: Kemudian Kami wahyukan kepadamu (Muhammad): "Ikutilah agama Ibrahim seorang yang hanif" dan bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.(QS. an-Nahl [16]: 123).


Belajar dan melatih kesabaran serta taat dan takwa kepada Allah swt.

Sebagaimana kisah cerita dari Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail yang mencerminkan sifat dan sikap hamba yang sabar, taat dan takwa kepada Allah swt. Kisah cerita Nabi Ibrahim a.s. tersebut terdapat dalam firman Allah swt. dalam al-Qur’an surat ash-Shaffat:

فَلَمَّا بَلَغَ مَعَهُ ٱلسَّعۡيَ قَالَ يَٰبُنَيَّ إِنِّيٓ أَرَىٰ فِي ٱلۡمَنَامِ أَنِّيٓ أَذۡبَحُكَ فَٱنظُرۡ مَاذَا تَرَىٰۚ قَالَ يَٰٓأَبَتِ ٱفۡعَلۡ مَا تُؤۡمَرُۖ سَتَجِدُنِيٓ إِن شَآءَ ٱللَّهُ مِنَ ٱلصَّٰبِرِينَ. فَلَمَّآ أَسۡلَمَا وَتَلَّهُۥ لِلۡجَبِينِ .  وَنَٰدَيۡنَٰهُ أَن يَٰٓإِبۡرَٰهِيمُ  .قَدۡ صَدَّقۡتَ ٱلرُّءۡيَآۚ إِنَّا كَذَٰلِكَ نَجۡزِي ٱلۡمُحۡسِنِينَ . إِنَّ هَٰذَا لَهُوَ ٱلۡبَلَٰٓؤُاْ ٱلۡمُبِينُ .  وَفَدَيۡنَٰهُ بِذِبۡحٍ عَظِيمٖ . وَتَرَكۡنَا عَلَيۡهِ فِي ٱلۡأٓخِرِينَ . سَلَٰمٌ عَلَىٰٓ إِبۡرَٰهِيمَ . كَذَٰلِكَ نَجۡزِي ٱلۡمُحۡسِنِينَ .  إِنَّهُۥ مِنۡ عِبَادِنَا ٱلۡمُؤۡمِنِينَ .

Artinya: Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar. Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis(nya), (nyatalah kesabaran keduanya). Dan Kami panggillah dia: "Hai Ibrahim, sesungguhnya kamu telah membenarkan mimpi itu sesungguhnya demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ini benar-benar suatu ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar. Kami abadikan untuk Ibrahim itu (pujian yang baik) di kalangan orang-orang yang datang kemudian (yaitu)"Kesejahteraan dilimpahkan atas Ibrahim". Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik. Sesungguhnya ia termasuk hamba-hamba Kami yang beriman. ( QS. Ash-Shaffat: ayat 102-111 )

Hikmah dan keteladanan yang lain dari penyembelihan hewan qurban atau berkurban adalah dapat menumbuhkan rasa peduli, kasih sayang kepada sesama, merupakan perwujudan rasa syukur atas karunia dan nikmat yang diberikan oleh Allah swt yang dapat berupa kesehatan, nikmat iman, islam, kelapangan rezeki dan lain sebagainya yang perlu kita syukur dengan berkurban.

Firman Allah swt.:

وَءَاتَىٰكُم مِّن كُلِّ مَا سَأَلۡتُمُوهُۚ وَإِن تَعُدُّواْ نِعۡمَتَ ٱللَّهِ لَا تُحۡصُوهَآۗ إِنَّ ٱلۡإِنسَٰنَ لَظَلُومٞ كَفَّارٞ

Artinya: Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dan segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah) (QS. Ibrahim: 34)

Mudah2an kita semua diberikan rizky yang barokah dari gusti Alloh swt supaya kita tetap istiqomah melaksanakan ibadah qur ban setiap tahun.... amiin

Sumber :
http://islamiwiki.blogspot.co.id

Penulis : Idham Mukholid

No comments:

Post a Comment